[ REVIEW ] TV Asahi Drama : Legal V / リーガルV~元弁護士・小鳥遊翔子~

by - Friday, December 28, 2018

photo by : TV Asahi



Drama musim gugur sudah tamat, salah satunya adalah Legal V.  Drama yang tayang di TV Asahi setiap Kamis pukul 9 malam ini, jadi drama musim gugur dengan rating tertinggi dengan rating rata-rata 15.61%.

Saya baru selesai menonton episode terakhirnya minggu ini, hehe. Dramanya sendiri mengenai pengacara dan segala hal yang berhubungan dengannya, terutama uang, karena tokoh utamanya sangat menyukai uang, haha. Setuju deh sama mbaknya, saya juga suka uang.

SINOPSIS
Takanashi Shoko yang ijin praktik pengacaranya dicabut setahun lalu dan sempat menghilang, kembali lagi dengan mengumpulkan beberapa orang untuk mendirikan firma hukum baru dengan tujuan membela kaum lemah. Orang-orang yang direkrutnya berasal dari berbagai macam kalangan, mulai dosen, mantan jaksa, hingga pengacara yang merasa gagal karena kekalahan dalam persidangan sebelumnya. Selain itu juga ada 3 mantan narapidana yang dahulu terlibat kasus di tempat kerjanya. Bekerja sebagai administrator Firma Hukum Kyogoku, Takanashi Shoko bekerja di balik layar untuk membantu menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan kaum lemah, dan jumlah uang kompensasi yang besar.

CAST
Yonekura Ryoko       : Takanashi Shoko
Hayashi Kento          : Aoshima Keita
Mukai Osamu           : Kaizaki Hayato
Nanao                      : Shiratori Minako
Arakawa YoshiYoshi  : Baba Yuichi
Miura Shohei           : Kayano Akira
Adachi Yumi            : Ito Rie
Takahashi Hideki     : Kyogoku Masahiko
Katsumura Masanobu : Otaka Takashi
Kohinata Fumiyo      : Tenma Soichiro
Naito Risa               : Jinbo Yuki
Miyamoto Mayu        : Nakazawa Atsumi

EPISODES                 : 9
NETWORK               : TV Asahi
AIRING DATE            : October 11, 2018 – December 13, 2018
AVERAGE RATING     : 15.61%
THEME SONG           : Illumination by SEKAI NO OWARI
DIRECTOR               : Matsuda Hidetomo, Tamura Naomi
STORY                    : Hashimoto Hiroshi

Yang sudah pernah nonton Doctor X berbagai season yang juga dibintangi oleh Yonekura Ryoko, mungkin bakal merasa Doctor X ganti profesi jadi pengacara. Karakternya agak mirip, jenius, mata duitan meski kontroversial ternyata baik hati.

Menurut saya, drama ini tidak hanya menampilkan kaum lemah yang patut dibela itu selalu kaum yang benar dan benar-benar innocent. Ada juga episode dimana klien mereka adalah juga seorang pelaku tindakan power harassment namun kepada subyek yang berbeda. Agak membuat kesal juga, tapi cara Takanashi Shoko menyelesaikan masalah diantara dua orang ini dengan jalan damai juga menarik.

Tokoh favorit di serial ini buat saya sih hampir semuanya. Karena semuanya punya peran menarik dengan karakter yang unik buat saya. Kalau ditanya, tiga tokoh terfavorit selain tokoh utama, mungkin yang pertama adalah Akira (diperankan oleh Miura Shohei) yang santai, positive thinking dan suka berpesta, kemudian Pak Kyogoku (diperankan Takahashi Hideki) yang punya banyak sertifikat, dan yang ketiga Kaizaki-sensei (diperankan Mukai osamu) yang awalnya mungkin agak menyebalkan tapi ternyata punya sisi menggemaskan.

Apakah drama ini berat? Kan tentang pengacara, pengadilan dan hal-hal berbau hukum lainnya?
Buat saya, justru drama ini adalah yang paling banyak membuat saya tertawa di tahun ini, dengan segala kerecehan terselubung maupun terpampang nyata di tiap episodenya. Ceritanya tidak berat juga, karena sampai episode terakhir saya masih bisa tertawa dan memahami drama ini.


photo by : The Television


Sisi positif lain dari drama ini adalah sedikit banyak memberikan gambaran bagaimana sebuah persidangan berjalan dari sisi pengacara, yang bisa sampai panjang prosesnya. Kata-kata favorit dari persidangan tentunya “Igiari!” yang artinya keberatan (salah satu lagu favorit dari grup favorit saya juga ada line Igiari ini, karena memang lagunya untuk theme song serial Ace Attorney, hihi).

Secara keseluruhan, drama ini tidak hanya melulu soal pengacara yang berada di sekitar pengadilan dan berhubungan dengan uang saja, namun juga banyak pesan positif di  balik kasus-kasus yang mereka tangani, terutama kerja keras pengacara untuk menjalankan tugasnya yang bahkan  membuat izin praktik hukumnya  dicabut.

Endingnya bisa ditebak, tapi melegakan juga endingnya seperti ini. Tidak ada pihak yang dirugikan lagi, dan orang yang berbuat tidak baik sudah dibalas sesuai perbuatan-perbuatannya dari episode sebelumnya.

Kalau ingin menonton drama yang membuat tertawa, memberikan semangat sekaligus pembelajaran, Legal V bisa jadi salah satu pilihan untuk ditonton.

Get the Drama Original Soundtrack here

Get the DVD / Bluray box :
DVD
Bluray

Where to Watch : Viu

You May Also Like

6 comments

  1. Baru nonton 1 episode di viu dan sukses buat saya ngakak, emang aktingnya mba ryoko ini mantep bgt ya, susah dpt org brkarakter kayak dia, dorama ini banyak bgt aktor ngetopnya ya, ada miura shohei lagi hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, lanjut nonton mbak, lawak di tiap episodenya, huhu. Miura shohei perannya lucu pula, sampai lupa kalo masnya sudah nikah, huhuhu

      Delete
  2. Whehehe pantes berasa enggak asing sama poster dramanya. Yang di VIU ternyata. Aku kebetulan belum nonton. Kujadikan list dulu deh. Suka kalap soalnya kalau nonton drama bawaannya ingin menamatkan dalam satu hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang sampai bablas seharian nonton drama aja, ya. Ayo nonton juga mbak, dijamin ketawa hehehe XD

      Delete
  3. waaa menarik nih. masuk ke wishlist dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, apalagi kalau butuh hiburan yang bisa bikin ketawa tawa, bisa nonton Legal V, hihi :D

      Delete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs