[ PLAYLIST ] Songs of the Year 2018

by - Monday, December 31, 2018





Tak terasa, hari ini sudah hari terakhir tahun 2018, besok sudah tahun baru. Itu artinya, saatnya mereview lagu-lagu apa saja yang paling banyak saya dengarkan di tahun ini (tepatnya setengah tahun ini) karena saya mulai mengaktifkan kembali scrobble saya sekitar  6 bulan yang lalu.

Baiklah, meskipun kemungkinan lagu-lagu yang dirilis di awal tahun tidak ter-rekam, saya akan tetap membuat entry ini, sebagai permulaan entry Songs of the Year. Edisi perdana, yay.

Untuk Songs of the Year karena edisi setahun sekali, maaka kali ini tidak hanya 7 lagu teratas saja, melainkan 10 lagu teratas. Yay bonus 3 lagu, haha.

Baiklah lagu-lagu apa saja menempati 10 besar Songs of the Year tahun ini? check this out



1. Kanjani8 – Koko ni
Terkejut juga ternyata satu-satunya single yang dirilis Kanjani8 di tahun ini bisa jadi slagu yang paling sering saya dengarkan di tahun ini.  Single Koko ni juga merupakan single pertama setelah formasi grup menjadi 6 orang. Spesialnya lagi, meskipun grup ini hanya merilis satu single saja di tahun ini, namun total penjualan single akhir tahun mereka masukperingkat 25 besar Oricon. Keren ya.

2. Johnny’s WEST – Akatsuki
Lagu kedua adalah lagu ending dari serial Netflix Switched, yang temanya adalah kegalauan namun dibawakan dengan cara yang cool. Jadi meski galau tetap cool. Meskipun bukan single song, alias side B, lagu ini justru jadii lagu yang paling saya dengarkan kedua di tahun ini (lebih banyak dari single songnya sendiri yang berjudul Start Dash).

3. Kanjani8 – Nainai I Love You
Lagu Nai Nai I Love You bukan lagu yang dirilis baru-baru ini. dirilis dalam album Genki ga deru CD, lagu ini membuat saya jatuh cinta dengan harmonisasi ketujuh member kanjani dengan vibe 50-an. Ada rasa rasa nostalgia di lagunya.

4. Johnny’s WEST – PARA! PARA! Chahan
PARA!PARA! Chahan juga bukan single song yang paling sering saya dengarkan tahun ini. lagu ini dirilis sebagai coupling song single anniversary ke-empat, berjudul Osaka Ai Ai Eye. Dengan mengusung tema memasak nasi goreng yang berapi api, lagu ini adalah lagu cinta lho. Lagu cinta nasi goreng, hihi.

5. Kanjani8 – Sorry Sorry Love
Ya, satu lagi lalbum song Kanjani yang masuk lagu yang paling sering saya dengarkan tahun ini. Sorry Sorry Love merupakan dance song yang tentunya bertema keren, jika dibandingkan lagu-lagu mereka yang berupa band song atau lagu lagu ceria khas kansai group. Sorry sorry love merupakan lagu penyesalan karena meninggalkan kekasih yang tentu saja penyesalan itu terlambat karena sang kekasih sudah bersama yang lain. Hihi.

6. C-ute – Kanashiki Heaven
Akhirnya lagu ini masuk rank juga. Ini salah satu lagu yang menjadi forever love saya. Lagu ini dirilis dalam beberapa versi, yang akhirnya dirilis menjadi single song dalam single double A side The Power/Kanashiki Heaven. Lagunya sendiri ber-main vocal dua member Okai Chisato dan Suzuki Airi yang menghasilkan harmoni suara yang indah. Kanashiki Heaven atau Grieving Heaven adalah lagu yang ‘indah’ dari semua hal, mulai dari jacket cover, lirik, musik, hingga koreografi.

7. Takahashi Yu – Fukuwarai
Lagu yang tidak begitu baru dari solois favorit saya, yang juga sudah pernah masuk rank sebelumnya, lagu milik Takahashi Yu ini meski liriknya bawel alias padat, tapi bikin ketagihan. Lagunya membawa pesan positif bagi yang mendengarkannya lho.

8. Johnny’s WEST – Bokura no Kiseki
Satu lagi coupling song dari single Johnny’s WEST yang tidak saya sangka bakal masuk rank ini. Lagunya bertemakan perfektur-perfektur di Jepang, dibawakan dalam rap dan lagu up beat yang bikin saya ngos-ngosan kalau ikut bernyanyi. Haha.

9. Johnny’s WEST – ONI-CHAN
Ini salah satu lagu unit dari album terbaru mereka WESTV. Lagu unit yang sesuai judulnya adalah memperebutkan gelar ONII-CHAN. Haha. Nanti akan saya bahas lagi di entry Songs of the Month karena saya yakin banget ini lagu pasti masuk ranking bulan ini. Haha.

10. Kanjani8 – LIFE~Me no mae no Mukou e~
Lagu yang beberapa kali saya nyanyikan di karaoke karena memang kondisinya membuat baper, lagu ini menyimpan banyak kenangan baik di masa kuliah maupun di tahun 2018 yang penuh kejutan. Namun, seperti lirik lagu ini, mada mada owaranai kara.

Bisa dibilang ranking tahun ini isinya kalau tidak Kanjani ya WEST, hahaha, maafkan saya, lagunya sangat sulit untuk tidak diputar berkali kali sih. Semoga tahun depan lebih bervariasi lagi ya.

Album/Single of the Year


Artist of the Year
Karena terjadi perbedaan auto-correct nama di akun last.fm saya, maka Johnny’s WEST bisa muncul dua kali di rank ini.


Itulah kesepuluh lagu, album/single, dan artis yang masuk rank kali ini. Semoga tahun depan bisa lebih bervariasi, dan saya jadi lebih rajin mengelola blog ini. Jangan lupa, besok masih ada Songs of the Month #5

Sampai jumpa tahun depan.

You May Also Like

2 comments

  1. Scrobbles itu seperti spotify ya mba? Lagunya jepang semua ya di scrobbles itu? Btw saya sukanya lagu kanjyani8 yg naniwa iroha bushi itu dan si Subaru logat suaranya kansai banget disitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ini punyanya last.fm mbak, cuma buat ngitung play count aja kok, hehe :" tapi bisa ngitung dari spotify, itunes juga. Mbah subaru :"""""""

      Delete

Please send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs