[ PLAYLIST ] Songs of the Month #4

by - Saturday, December 01, 2018




Sudah masuk bulan Desember! Itu artinya saatnya membagikan Songs of the Month periode November. Seperti yang sudah saya sebutkan di Songs of the Month periode Oktober, saya berharap musim kemarau yang panas seperti padang pasir segera berakhir. Ya memang benar, di pertengahan bulan November, saya disambut oleh hujan deras yang cukup lama dan lumayan membuat macet karena jalanan banjir yang merupakan awal dari hujan hujan deras di hari-hari selanjutnya. Selamat datang musim penghujan! Hihihi.
Di bulan November, saya mengikuti #BPN30DayChallenge juga, sehingga blog post saya meningkat drastis dari yang biasanya seminggu hanya 1 post saja. Sayangnya baru 2 hari saya mengikuti challenge ini, handphone saya bootloop kemudian tidak bisa akses SIM CARD, dan akhirnya mati juga. Sedih. Tapi saya berusaha keras agar tetap melanjutkan tantangan ini sampai bulan selanjutnya. Karena itulah play count yang terhitung sepertinya menurun dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Dan kali ini, formasi lagunya sedikit berbeda dari sebelumnya, karena sekali lagi faktor keadaan saat itu.
Baiklah, ini dia 7 lagu yang sering saya dengarkan di bulan November :D




1. Jess Glynne – I’ll be There
Lagu yang menjadi lead single dari album terbaru Jess Glynne berjudul Always in Between ini langsung jadi favorit karena selain lagunya juga situasi yang terjadi setelah lagu ini dirilis sangat membutuhkan lagu ini. Lebih tepatnya, orang-orang yang mengalami situasi berat di tahun ini membutuhkan seseorang seperti lagu I’ll be There ini.

Lagunya menggambarkan situasi yang dialami Jess Glynne dan Camille Purcell (co-writer), ditulis berdasarkan pengalaman mereka melalui situasi yang sulit. Purcell menyatakan bahwa di saat sulit itu Glynne selalu meneleponnya untuk memastikan dia baik-baik saja.

When you're lost in the darkness, I'll be there
I'll be there when your heart is breaking
You'll never be alone, I'll be there for you

2. Sabrina Carpenter – The Middle of Starting Over
Lagu yang dirilis tidak begitu tepatnya 3-4 tahun yang lalu, sekitar tahun 2014-2015 ini adalah track dari EP dan album dari Sabrina Carpenter yang sesuai judulnya yaitu tentang moving on, starting over segalanya tanpa terus menerus memikirkan kesalahan yang kita lakukan.  Lagu ini digambarkan sebagai lagu midtempo pop folk dengan sentuhan country pop yang menyampaikan pesan bagi pendengar untuk terus memberikan yang terbaik dan having fun melalukan hal-hal baru dalam kehidupan.

Tired of all the troubles
They've been wasting my time
I don't wanna fight
Gonna leave it behind
Taking on faith
Now I'm ready to fly
I'm in the middle of starting over

3. MISIA – Namae no nai Sora wo Miagete
Lagu ini lebih lawas lagi, yaitu single ke-14 dari penyanyi MISIA, yang dirilis sekitar tahun 2004, 14 tahun lalu. Lagunya juga termasuk dalam album keenam MISIA yang berjudul Singer for Singer. Judul lagu yang artinya Looking up to the Nameless Sky ini ditulis oleh MISIA sendiri, digambarkan dalam salah satu majalah musik sebagai lagu medium tempo ballad yang sederhana namun powerful. Lagunya digunakan sebagai theme song asadora NHK berjudul Tenka yang tayang di tahun yang sama.

If I could reach the only light that I wished for
I will pray for your happiness before than anyone does
Until I close my eyes and fall asleep, I want to call your name
Yes, I always call your name, your beautiful name

4. Sabrina Carpenter – Safe and Sound
Safe and Sound merupakan lagu yang dirilis oleh Taylor Swift dan duo The Civil Wars untuk The Hunger Games 2012 official soundtrack. Lagunya ditulis sendiri oleh ketiganya dalam 2 jam, digambarkan sebagai lagu moody folk ballad diiringi dengan gitar akustik dan harmony vocal dari The Civil Wars.
Kemudian lagu ini dinyanyikan kembali oleh Sabrina Carpenter sebagai promotion single yang dirilis tahun 2012.

Just close your eyes, the sun is going down
You’ll be alright, no one can hurt you now
Come morning light, you and I’ll be safe and sound

5. Takahashi Yu – Ii Hito
Ya, inilah satu-satunya lagu yang berasal dari Songs of the Month periode lalu yang masih masuk di periode ini. Ii hito adalah lagu tentang isi hati seseorang yang disebut-sebut sebagai ‘orang baik’. Orang baik juga punya perasaan kesal dan lelah dengan hal-hal yang menyebalkan di sekitarnya, namun dia hanya bisa mengomel dalam lagu ini. Lagunya lucu, imut, dan part xixixi –nya selalu sukses membuat saya bahagia. Terimaka kasih Yu-kun.

I’m a nice person!
I’m a nice person!
You are a nice person too!
Everyone is nice person!

6. Ieiri Leo – Obake no Namida
Obake no Namida atau Ghost’s Tears adalah lagu dari single Hello to the World yang dirilis tahun 2016. Lagunya juga muncul dalam album WE yang dirilis di tahun yang sama. Lagunya diawali oleh tawa anak kecil yang kalau saya lagi parno, tidak akan mau mendengar intronya, hihi, namun lagunya sendiri terdengar imut dan khas seorang Ieiri Leo. Ini bukan lagu tentang hantu menurut saya, lebih tepatnya mengenai sebuah hubungan yang manis yang tidak akan penah dilupakan oleh seseorang.

If a ghost came out, what should I do?
If my tears overflow, what should I do?
Since my precious is here near with me
it’s okay to throw away the unfulfilled feeling

7. Johnny’s WEST – All My Love
All My Love merupakan B-side dari single Bari Hapi yang dirilis tahun 2015. Dengan music video yang diambil di pantai dan jalanan sepi, lagu ini terasa semakin indah dengan karakter vokal ketujuh member grup ini. All My Love sebenarnya adalah lagu terima kasih kepada semua orang yang sudah mendukung mereka hingga saat ini, tak heran jika lagu ini juga masuk dalam konser natal di Kyocera Dome yang bertemakan terima kasih.

Being able to laugh now is because you were there
We overcame the hard times and became strong
Thank you for supporting me
From now on I want to be your strength
Even if I can’t see your face, we share the joy together
Thank you for making me really happy

Album/Single of the Month




Artists of the Month




Rasanya banyak lagu yang menyentuh hati di Songs of the Month periode kali ini. Huhu. Banyak hal yang terjadi di bulan November, saya harap akan lebih banyak hal baik yang terjadi di bulan Desember dan bulan-bulan selanjutnya.
Sampai jumpa di Songs of the Month selanjutnya dan Songs of the Year 2018!

You May Also Like

0 comments

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs