7 Theme Song J-Drama Favorit di Tahun 2018

by - Thursday, March 14, 2019




Daya tarik sebuah drama bisa karena aktor/aktris yang berperan di dalamnya, tema drama, visual poster, maupun karena merupakan adaptasi dari karya seperti manga atau novel. Selain itu, ada pula orang-orang yang tertarik pada sebuah drama karena musisi favorit mereka menyanyikan theme song drama tersebut. Buat saya, biasanya drama yang mengenalkan saya pada beberapa lagu-lagu baru, yang biasanya feel-nya lebih terasa karena sudah ada visual yang dramatis (biasanya) sebelum official music video lagu tersebut dirilis. Untuk kasus tertentu, seperti saat grup favorit saya mengisi theme song sebuah drama (yang biasanya paling tidak salah satu membernya berperan di dalamnya), saya tertarik untuk menonton dramanya juga.

Di sepanjang tahun 2018, ada beberapa drama yang saya ikuti yang theme songnya saya sukai, dan ada juga yang jadi salah satu lagu hits di tahun lalu hingga membawa penyanyinya muncul sebagai performer di Kohaku Uta Gassen. Nah, kira-kira lagu-lagu apa saja dan siapa saja yang masuk theme song favorit saya?

Check this out!

1. Yonezu Kenshi – Lemon (TBS / Unnatural)


Lemon merupakan salah satu lagu hits yang saya maksud, di tahun 2018. Lagu ini secara fisik berhasil memperoleh penghargaan double platinum dan secara digital sudah didownload sebanyak sekitar 2 juta kali untuk region Jepang. Yonezu Kenshi sendiri sebelumnya merupakan musisi yang sudah banyak mendapatkan penghargaan baik untuk karya musik yang dihasilkan maupun blog pribadinya. Untuk pertama kalinya Yonezu Kenshi tampil di Kohaku Uta Gassen tahun 2018, live langsung dari kampung halamannya di Tokushima, yang merupakan live pertama Kohaku Uta Gassen dari wilayah tersebut.
Music video Lemon sendiri sudah mencapai lebih dari 300 juta views di official youtubenya. Lagu yang dirilis tanggal 14 Maret 2018 ini merupakan salah satu lagu yang langsung mengena di hati saya sejak pertama kali mendengarnya lewat drama Unnatural yang dibintangi oleh Ishihara Satomi. Dan ternyata lagunya sedih sekali kalau diartikan. Sebaris line yang pertama kali saya ingat adalah Ima demo anata wa watashi no hikari (Hingga saat ini kau adalah cahayaku).
Where to get :
Spotify

2. Sekai no Owari – Illumination (TV Asahi / Legal V)


Sekai no Owari merupakan grup band yang terdiri 4 orang yang debut 14 tahun lalu, yang sudah terkenal dengan kualitas live concertnya hingga ke luar Jepang. Sekai no Owari sendiri merupakan salah satu grup band besar di Jepang yang sudah beberapa kali berkolaborasi dengan musisi luar negeri.
Illumination merupakan satu lagi lagu yang langsung saya suka begitu lagunya muncul di drama Legal V. Meski saya menonton drama Legal V sambil tertawa-tawa atas kerecehan yang ditampilkan para tokohnya, namun di adegan serius terutama menjelang ending, lagu ini yang membuat saya jadi kalem kembali. Karena seperti sebaris lirik lagunya yang berarti “Aku akan membawamu ke kota yang diselimuti warna putih” saya bisa merasakan hawa musim dingin dari lagunya. Hihi.
Where to get :
Spotify


3. androp – Hikari (Fuji TV / Good Doctor)


Satu lagi drama medis yang saya tonton tahun lalu, dan sudah saya bahas di postingan sebelumnya. Drama yang dibintangi oleh aktor muda dan hits Yamazaki Kento ini selalu sukses membuat saya menangis terharu di tiap episodenya. Ditambah lagi theme song yang dibawakan oleh androp yang berjudul Hikari, juara banget, membuat saya semakin banjir air mata.
Androp merupakan grup band beranggotakan 4 orang yang dibentuk 11 tahun lalu, yang baru pada tahun 2011 masuk label Warner Music Japan. Sejujurnya saya baru mendengarkan lagu-lagu androp pasca menonton Good Doctor, sehingga saya dapat satu lagi grup baru untuk mewarnai playlist saya.
Lagu yang berjudul Hikari atau artinya cahaya ini, juga ternyata kalau diartikan membuat saya terharu juga. Di baris pertama saja, sudah ada sebait yang kurang lebih artinya : Jika aku bisa menghabiskan 365 hari bersamamu, meski ada hari yang tak sesuai harapan, maka aku akan menyebutnya sebagai kebahagiaan.
Dan line pertama yang saya ingat setelah pertama kali mendengarkannya : Hikari ni kaete yuku yo donna kurayami mo (akan kuubah menjadi cahaya tak peduli seberapa pekat kegelapan itu).
Where to get :
Spotify


4. Aimyon – Konya Kono Mama (NTV / Kemono ni Narenai Watashitachi)


Saya mengenal Aimyon melalui karyanya untuk Johnny’s WEST di single awal-awal mereka debut berjudul Time goes by. Saat itu saya terkejut karena ternyata musisi yang menciptakan lagunya lebih muda dari sebagian besar member Johnny’s WEST, hingga saya tertarik untuk mendengarkan lagu-lagunya. Lain kali saya akan bahas mengenai Aimyon di postingan berbeda karena sepertinya bakal panjang, haha.
Aimyon yang juga memulai debut di Kohaku Uta Gassen tahun lalu, juga mengisi theme song drama NTV Kemono ni Narenai Watashitachi yang sempat tayang di Waku Waku (atau GEM ya, saya lupa) yang dibintangi oleh Aragaki Yui dan Matsuda Ryuhei.
Lagunya yang dalam bahasa Inggris berjudul Let the Night, lebih terasa seperti lagu curhatan di malam hari setelah lelah seharian. Namun saya yakin makna lagunya lebih dalam dari itu, karena seperti lagu-lagu Aimyon yang lain, saya punya gambaran sendiri saat mendengarkan lagu-lagunya. Music Videonya sendiri sudah mencapai lebih dari 30 juta views di Official channelnya.
Where to get :
Spotify
 
5. Dean Fujioka – Echo (Fuji TV / Monte Cristo Haku)


Ini lagu yang selalu saya ingat sebagai lagu yang berjudul Tell me Why, karena liriknya mengandung banyak penekanan di kalimat tell me why. Lagu yang keseluruhan liriknya berbahasa Inggris ini menampilkan sosok Dean Fujioka sebagai vampire di music videonya. Lagunya gelap karena memang judulnya Echo dan merupakan lagu tema yang pas dengan dramanya yang terasa seperti curhatan seorang Saimon Dan banget di drama Monte Cristo Haku.
Where to get :
Spotify


6. Johnny’s WEST – Akatsuki (Netflix / Switched)


Salah satu lagu indah yang dirilis oleh Johnny’s WEST, grup di bawah naungan agency Johnny’s yang beranggotakan 7 orang. Akatsuki merupakan B side dari single Start Dash!!, yang dirilis sebagai ending song drama original Netflix berjudul Switched yang dibintangi oleh 2 member Johnny’s WEST Shigeoka Daiki dan Kamiyama Tomohiro. Yang tentu saja lagunya akan lebih banyak suara kedua member ini. Akatsuki ini entah sudah berapa kali saya bahas di blog ini gara-gara beberapa kali masuk Songs of the Month, karena sesuka itu saya kepada lagu yang sebenarnya pedih juga maknanya. Bagaimana tidak pedih, salah satu linenya berarti “I love you so much that it hurts”.
Lagunya juga cocok dan se-tema dengan soundtrack dramanya yang diciptakan oleh Ken Arai. Seperti memang satu kesatuan.
Where to get :


7. Johnny’s WEST – Dragon Dog (NTV / Sotsugyou Bakamentary)


Satu lagi lagu rilisan Johnny’s WEST yang dijadikan theme song drama tahun lalu adalah Dragon Dog, yang merupakan theme song drama dokumenter NTV Sotsugyou Bakamentary, yang dibintangi 2 member Johnny’s WEST Fujii Ryusei dan Hamada Takahiro, dramanya sempat tayang di GEM atau Waku Waku, saya juga lupa. Yang tentu saja akan banyak line dari kedua member ini di lagunya.
Music videonya saya suka banget, bertema rock dengan warna dominan hitam, yang menampilkan kegarangan para member berlatih boxing. Tak lupa, Kamiyama Tomohiro bergitar juga membuat saya melongo saking kerennya.
Lagunya sendiri yang bernuansa rock juga punya makna yang memberi semangat seperti salah satu linenya yang berarti: Ini belum berakhir, kamu bisa melakukannya hingga detik-detik terakhir. Kamu hanya punya satu masa muda, buatlah masa mudamu bersinar.
Where to get :



Nah itu tadi ketujuh lagu favorit saya dari drama yang tayang sepanjang tahun 2018. Mungkin ada juga yang saya suka namun saya lupa menyebutkannya, semoga lain kali bisa saya sebutkan kalau ingat, hihi. Semoga postingan ini bisa memberi pencerahan, baik mengenai lagu, musisi, dan juga drama yang tayang tahun lalu. Adakah yang sama-sama menyukai salah satu lagu di atas? Silakan share di kolom komentar ya.



Title picture edited by : lailinstar
Bacground photo by Joanes Andueza

You May Also Like

2 comments

  1. Alhamdulillah hampir semua lagu ada di spotify, cuman 2 lagu yg ga ada, aduh tambah gemes deh sama bos jyanizu ini biar tak jitakin kpalanya, jaman skrg koq tertinggal bgt yah gak pake spotify wkwk, btw ada link khusus gak yah buat dengerin lagu lengkapnya johnny west ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya ada di spotify kalau bukan johnnys, termasuk lagu lagu hits juga mbak soalnya. Kalau preview bisa didengar di jehp mbak, tapi kalo buat streaming macam spotify tidak ada, sedih :"

      Delete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs