[ REVIEW ] Fuji TV : Good Doctor ( グッド ドクター)

by - Sunday, September 16, 2018

good doctor
photo by : Fuji TV


Biasanya saya tidak menonton drama yang sedang hits. Tapi  kali ini saya iseng menonton salah satu drama yang selalu masuk 3 besar drama satisfaction ranking yang diadakan baik oleh Oricon maupun MyNavi News, yang berjudul Good Doctor. Dramanya baru saja tamat minggu ini, dan saya merasa kehilangan lagi, haha.

Good Doctor adalah drama remake dari K-drama berjudul sama. Drama ini berkisah tentang seorang dokter di Departemen Bedah Anak, Shindo Minato (diperankan oleh Yamazaki Kento) pengidap savant syndrome. Savant syndrome sendiri merupakan kondisi langka dimana seseorang tidak memiliki kemampuan yang biasa dimiliki manusia pada umumnya (misal kemampuan berkomunikasi dengan normal, bergerak dengan normal, dsb), namun dia punya kelebihan lain yang luar biasa (biasanya berhubungan dengan kemampuan mengingat). Dalam kasus Shindo Minato ini, dia mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain, namun memiliki kemampuan mengingat dan ketelitian yang luar biasa. Impiannya adalah menjadi dokter bedah spesialis anak. Namun, dengan keadaannya yang ‘berbeda’ ini, memicu perdebatan baik dari pihak rumah sakit maupun pasien.

CAST :
Yamazaki Kento       : Shindo Minato       
Ueno Juri               : Seto Natsumi
Fujiki Naohito          : Takayama Seiji
Emoto Akira             : Shiga Akira
Itao Itsuji                : Inoguchi Ryunosuke
Nakamura Yuri         : Togo Michi
Totsugi Shigeyuki     : Mamiya Keisuka
Hamano Kenta         : Hashiguchi Taro

EPISODES               : 10
ENDING SONG         : Hikari (by androp)
AIRING DATE          : July 12, 2018 – September 13, 2018
NETWORK              : Fuji TV
Average Rating       : 11,23%

yamazaki kento
source : oricon


Menurut saya, drama ini jadi rekomendasi untuk ditonton bagi orang-orang yang sedang dan baru saja belajar Bahasa Jepang, termasuk saya. Kosakata dan grammar yang digunakan hampir (meski tidak semuanya) seluruhnya persis yang bisa ditemui di buku-buku pelajaran Bahasa Jepang. Terutama dialog sehari-hari dari Shindo-sensei (di luar bahasa medis), semuanya mudah dipahami dan rata-rata kosakatanya sederhana.

ueno juri
source : modelpress


Awalnya saya memutuskan untuk mengikuti drama ini karena sepertinya sudah lama tidak menonton akting dari Ueno Juri (berperan sebagai Seto Natsumi-sensei), namun di tengah-tengah menonton saya justru tersantet pesona Takayama Sensei (diperankan Fujiki Naohito) (kalau diingat-ingat, perannya di Last Cinderella sebagai Rintaro juga jadi favorit saya meski brewokan dan terkesan seenaknya sendiri, haha) yang terlihat kaku dan galak, namun ternyata baik hati dan selalu bersikap profesional dalam pekerjaannya.

source : oricon


Mungkin di awal-awal episode, bakal ada yang kesal dengan Mamiya-sensei, sosok atasan yang gila jabatan dan kadang mengambil cuti kerja hanya untuk bermain golf, namun kerennya drama Jepang adalah selalu mampu membuat tokoh yang awalnya menyebalkan bisa mengambil simpati penontonnya, dengan menunjukkan sisi lain dari tokoh tersebut. Mungkin yang masih membuat kesal cuma ayahnya Shindo-sensei, haha.



Seperti judulnya, Good Doctor menampilkan banyak pesan positif untuk penontonnya baik dari sisi tenaga rumah sakit dengan berbagai masalah yang dihadapi maupun sisi pasien yang juga tentunya bermasalah saat salah satu anggota keluarganya sakit parah. Namun, semuanya selalu bisa diselesaikan dengan ‘hangat’ di tiap episodenya, dan sukses membuat saya meneteskan air mata menjelang tidur karena kisah yang menyangkut anak-anak dan ketulusan hati manusia tidak pernah tidak membuat saya menangis (saya sarankan untuk menonton ini di saat sebelum menggunakan skin care malam hari, jika takut luntur kena air mata, haha).

fujiki naohito ueno juri
source : oricon


Kalau soal kemampuan akting para aktor dan aktrisnya, sudah tidak diragukan lagi. Meski saya tidak begitu paham mana akting yang bagus, sedang-sedang saja atau akting yang tidak bagus, namun saya menikmati drama ini, tidak ada ekspresi wajah atau intonasi yang sulit dipahami, semuanya sudah berperan dengan kemampuan terbaiknya.

Theme songnya juara. Suka banget. Beberapa sudah ada yang mengcovernya persis di Youtube. Sedangkan untuk ending songnya yang berjudul Hikari, dinyanyikan oleh androp juga favorit saya banget, dan sukses masuk Lucky 7 Songs of the Month bulan Agustus. Hore. Informasi lagunya bisa didapatkan dimana, sudah saya sertakan di entry tersebut.



Saya sendiri belum pernah menonton versi K-drama nya, jadi selama menonton, saya tidak membayangkan atau berekspektasi akan seperti apa drama ini. Namun, bagi saya yang baru kali ini menonton drama ini, kemampuan Yamazaki Kento sebagai Shindo-sensei memang tidak perlu dibahas seberapa skornya lagi, oke banget. Hairstylenya fuwafuwa pula, semakin menggemaskan (tapi Takayama-sensei tetaplah juara di hati saya uwu)

Baru di episode hampir terakhir, saya baru sadar kalau Matsui Airi yang berperan jadi kakaknya Iyo-chan, haha. Ada Sakai Wakana, yang juga berperan sebagai Mizuki-san desainer Emotion di serial Atelier juga lho.




Salah satu episode terfavorit saya. 

ueno juri
source : modelpress


Overall, ini drama yang memberi pesan yang lengkap dan cerita yang tidak itu-itu saja, meskipun settingnya ada di Departemen Bedah Anak yang tentu saja isinya anak-anak yang mungkin bagi kebanyakan orang 'anak-anak tuh masalah hidupnya apa sih?' atau 'pesan apa yang bisa diberikan anak-anak pada kita?'. Justru karena ini tentang anak-anak, maka banyak sekali hal yang bisa dipelajari dari ketulusan dan kepolosan mereka. Intinya, saya sudah memilih keputusan yang tepat untuk mengikuti drama Good Doctor setiap minggunya. Penasaran? Ayo nonton juga. Atau mungkin sudah ada yang pernah nonton versi K-drama-nya, bisa share disini.

Get the DVD / Bluray Box :
DVD
Bluray


WHERE TO WATCH : Viu (Subtitles are available in both English and Indonesian)

You May Also Like

0 comments

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs