Kegiatan Rumah Tangga untuk Menyegarkan Pikiran

by - Monday, December 10, 2018




Sebagai seseorang yang bekerja keras bagai kuda, haha, dari pagi mulai hari Senin hingga Sabtu, tentu saja saya pasti mengalami satu waktu di saat pikiran saya terasa sumpek, terutama saat ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan (ciye). Kalau sudah begini, pusing juga rasanya. Daripada saya pusing, sakit kepala, malah tidak bisa bekerja, maka di saat berada di rumah, lebih seringnya sih saya tidur saja daripada saya lelah berpikir. Penyakit aquarius yang tak kunjung hilang ini lumayan merepotkan. Haha.

Nah, selain tidur, saya  pun biasanya melakukan pekerjaan rumah tangga yang bisa menyegarkan pikiran saya, dan bahkan bisa memberikan pencerahan.


1. Mencuci
Mencuci apapun mulai baju, piring, barang barang hingga diri sendiri, selain berguna untuk menggerakkan badan, juga bisa membuat saya bahagia karena wangi sabun yang saya pakai. Hihi. Saya punya bau favorit yang membuat saya bersemangat untuk melakukan kegiatan mencuci, sehingga saya beli sabun mandi, sabun cuci piring, sabun cuci baju hingga pembersih lantai dengan karakter bau yang sejenis yaitu bau higienis (baunya ya bau kebersihan begitulah yang sulit dideskripsikan, kalau pembersih lantai biasanya yang pinus). Pengharum ruangan saya juga bukan bau bunga atau buah melainkan juga bau higienis tersebut. 

Dengan melakukan kegiatan bersama produk produk favorit saya tersebut, selain berguna untuk menggerakkan badan juga membuat hati bahagia karena mencium bau kebersihan yang semerbak (huhu).

Jadi mungkin kalau ada yang kehilangan semangat hidup, bisa mencoba membeli produk dengan wangi yang disukai, bisa jadi wangi tersebut membawa semangat dan  kebahagiaan tersendiri.


2. Memasak
Satu lagi kegiatan yang menyegarkan bagi saya yaitu memasak. Kenapa memasak bisa menyegarkan pikiran? Saya sendiri tidak tau, mungkin karena idola saya juga pintar memasak dan jago dalam iris mengiris bagai kungfu chef, hihi. Jadi saya termotivasi oleh kemampuannya. Selain itu, ada kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri saat makanan yang kita buat sendiri ternyata hasilnya memuaskan. Motivasi saya yang lain untuk memasak adalah tentu saja untuk mencoba resep baru, makan makanan yang belum pernah saya coba sebelumnya, yang mungkin hanya dijual di mall atau di restoran, bisa saya buat sendiri di rumah.


3. Menengok Tanaman
Di depan rumah (lebih tepatnya ke samping rumah) ada deretan tanaman yang bibitnya dibeli adik saya. Banyak sekali tanaman yang bermanfaat seperti kunyit, cabai, tomat, terong, pepaya, labu yang kini sudah menjalar kemana mana tanamannya, pandan hingga tanaman yang di labelnya tertulis kol tapi tumbuhnya bukan kol, hihi. 

Menyiram maupun sekedar mengecek keadaan tanaman di halaman rumah menjadi kegiatan yang menyegarkan pikiran. Ada perasaan bahagia saat melihat bunga yang baru mekar atau ada buah kecil yang masih hijau baru muncul. Seperti melihat anggota keluarga baru, hihi. Selain itu, bau segar setelah menyiram tanaman juga bisa membuat saya lebih baik dan pikiran kembali segar.


Itulah ketiga kegiatan yang bagi saya mampu menyegarkan pikiran saya. Meskipun hanya kegiatan dalam rumah yang biasa sehari-hari kita lakukan, namun kalau dilakukan dengan senang hati dan dengan menambahkan item atau produk baru kesukaan kita untuk menunjang kegiatan tersebut, kegiatan yang tampak biasa itu bisa membuat kita bahagia dan pikiran menjadi lebih segar.



Oh iya, saya sedang mencari parfum, deodoran, spray pakaian, dan shampo yang baunya higienis, kira-kira ada tidak ya? Kalau ada yang tahu, silakan share di komentar di bawah ini ya




Title picture edited by Lailin Star
Background photo by Kira auf der Heide

You May Also Like

2 comments

  1. Jenuh yang positif sekali kak :D seandainya hal yang serupa terjadi padaku. ku rasa akan membahagiakan sekali hidup :') semangat yahh kak nulisnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan mbaknya suka mencuci karena bau sabun yang wangi, itu positif lho, hehe. Semangat juga nulisnya, tinggal beberapa hari lagi :D

      Delete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs