Situs Penyedia Free Photos Favorit untuk Blogging

by - Tuesday, December 18, 2018




Dalam membuat konten blog, keberadaan gambar termasuk hal yang penting untuk menunjang tampilan konten yang kita buat, terutama jika konten blog kita berupa review produk atau resep masakan. Sebenarnya tanpa gambar pun, asalkan penjelasannya cukup jelas, kontennya akan mudah dipahami oleh pembaca. Namun sepertinya buat saya kurang lengkap rasanya kalau saya membuat blog post tanpa memberi setidaknya satu gambar meskipun hanya title picture saja, hihi.

Sumber gambarnya bisa jadi hasil jepretan sendiri, hasiil gambar sendiri maupun dari free  photos yang disediakan oleh website tertentu untuk berbagai keperluan. Biasanya sih pengunggah atau website penyedianya tidak mengharuskan pengguna foto untuk mencantumkan credit. Kalau pemilik fotonya jelas, saya biasa cantumkan namanya di bagian akhir post. Kalau foto yang saya pakai kebetulan berasal dari Adobe Spark Post, saya tidak bisa mencantumkan nama pemilik fotonya, karena memang  search result Adobe tidak ada nama pemilik fotonya.


1. Pexels
Situs penyedia free photos yang sudah hits di kalangan blogger, saya tak jarang menemukan credit di bagian bawah blog post mencantumkan nama Pexels sebagai source foto yang digunakan oleh beberapa blogger.

2. Pixabay
Kalau di pexels, kita akan menemukan berbagai foto sesuai keyword yang kita masukkan, maka di Pixabay, akan menampilkan vector dan ilustrasi di hasil pencariannya. Ini cocok buat blogger yang ingin mencari free vector untuk digunakan di blog.

3. Rawpixel
Kalau saat searching di Pexels, kita sering melihat nama ini dengan foto yang biasanya flatlay, Rawpixel juga ada websitenya sendiri, yang tidak hanya menyediakan foto tapi juga vector.  Opsi untuk tipe file saat mendownload biasanya adalah JPEG dan TIFF.

4. Shotstash
Website yang juga menyediakan free photos selain melalui keyword yang diinputkan user, juga telah menyediakan beberapa kategori foto yang mereka miliki. Tinggal pilih salah satu kategori misalnya nature, maka semua foto dalam kategori ini akan dimunculkan, tanpa perlu mengetikkan keyword.

5. Stockvault
Satu lagi situs penyedia free photos adalah Stockvault yang juga menyediakan fitur sorting pada hasil pencariannya, seperti sort by most viewed, most downloaded, dan lain sebagainya. Nama pengunggah atau author dari foto ini juga dicantumkan di detail fotonya.


Itu tadi lima situs (dari banyak) penyedia free photos yang saya gunakan untuk membuat hampir semua title picture selama challenge ini berlangsung, termasuk blog post ini.  Semoga bermanfaat.



Title picture edited by Lailin Star
Background photo by Arnel Hasanovic

You May Also Like

4 comments

  1. Terima kasih mba, ku jadi tahu deh ada penyedia gambar gratis lainnya selain pixabay. Ku mau cus ke sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus mbak, pexels juga bagus-bagus dan lumayan cepet loadingnya, hehe :D

      Delete
  2. Susah gk sih mba edit? Soalnya kebiasaan pake applikasi nih heehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak begitu susah kok mbak, mirip mirip sama pakai aplikasi di hp :D

      Delete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs