5 Channel Belajar Masakan Asli Asia Timur

by - Friday, December 07, 2018





Kegitan lain di waktu istirahat selain blogwalking adalah menonton video memasak di YouTube. Mumpung saya punya bonus kuota streaming YouTube dari paket bulanan internet saya yang kadang masih sisa setengahnya di akhir masa paket. Hihi.

Kalau masih masakan daerah Jawa, saya bisa tanya ke ibu saya, nah kalau sudah masakan luar pulau Jawa apalagi luar negeri, mau bertanya ke ibu siapa? Hihi. Nah inilah gunanya channel YouTube buat saya. Sebenarnya saya hanya penasaran bagaimana rasa masakan asli di luar sana, gara-gara pasca menonton sebuah channel yang membahas perbandingan rasa Indomie asli Indonesia dengan Indomie yang dijual di luar negeri, dan juga salah satu channel makan-makan dari Jepang yang membahas soal rasa indomie favorit.

Dan yay, ternyata selera saya dan selera ketiga orang dalam video tersebut sama. Kami sama-sama memfavoritkan indomie rasa kaldu ayam yang mungkin ‘biasa’. Buat saya varian ini rasanya sederhana namun memberi kesan tak terlupakan, hihi. Dari situ saya berpikir, bagaimana kalau saya coba merasakan masakan luar negeri dari resep asli yang dibagikan orang asli negara tersebut, yang tentunya sudah biasa memakan makanan itu. Mungkin saya bisa menyukai makanan-makanan mereka juga.

Maka dari itu saya mem-follow beberapa channel memasak masakan luar negeri, terutama masakan Asia sendiri yang bahan-bahannya masih bisa didapatkan di supermarket maupun online shop.

1. Just One Cookbook
Channel milik seorang ibu dari Jepang yang kini tinggal di Amerika. Channel ini berisi masakan asli Jepang yang dibawakan dalam bahasa Inggris beserta tips dan kadang sedikit cerita di balik masakan yang dibagikan resepnya.


2. Japanese Cooking 101
Japanese Cooking 101 juga channel masakan Jepang milik 2 orang wanita Jepang, yang dibawakan dalam bahasa Inggris. Meskipun sama-sama masakan Jepang dan berbahasa Inggris, namun resep yang dibagikan tidak persis sama dengan Just One Cookbook.


3. Seonkyoung Longest
Seonkyoung Longest adalah channel masakan Korea oleh orang Korea yang juga tinggal di Amerika. Jadi bahasa yang digunakan juga bahasa Inggris.


4. Maangchi
Nah ini channel YouTube sekaligus blog masakan Korea favorit saya, pemiliknya adalah ibu-ibu Korea yang terihat selalu bersemangat membagikan resep masakan Korea dalam bahasa Inggris, jadi semangat juga melihatnya, hihi.



5. Chinese Cooking Demystified
Untuk resep asli masakan Cina, saya suka channel yang dikelola oleh 2 orang yang salah satunya bersala dari Guangzhou dan satu lagi sudah menetap di Cina selama belasa tahun. Dibawakan dalam bahasa Inggris, dan juga dilengkapi dengan banyak tips seputar memasak hidangan Cina asli.



Title picture edited by Lailin Star
Background photo by   Charles Deluvio


You May Also Like

2 comments

  1. baru tahu Maangchi yang lain belum pernah liat kayaknya, bisa jadi altenatif nih. Salam kenal :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah suka nonton Maangchi juga nih. Salam kenal juga mbak :D

      Delete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs