Target di 2019 untuk Blogging

by - Wednesday, December 19, 2018




Tahun 2019 tinggal 2 minggu lagi.  Sudahkah punya rencana untuk tahun yang baru? Bagi blogger, rencana yang dibuat biasanya tidak jauh dari blogging, yang tentunya untuk membuat blog yang dikelolanya menjadi lebih baik lagi.

Buat saya yang jarang membuat rencana secara detail, ternyata saya punya beberapa rencana dan target untuk kegiatan blogging saya tahun depan. Tujuan utama saya adalah meningkatkan kemampuan saya sebagai blogger yang terhitung masih baru ini, dan tentunya membuat blog saya nyaman untuk dikunjungi oleh orang lain, baik dari tampilan maupun konten yang saya berikan.

Sejujurnya selama challenge ini berlangsung saya berpikir apa yang harus saya lakukan untuk masa depan blog saya ini (hihi), mulai membuat daftar entry yang yang mungkin saya buat, hingga memikirkan kembali tema blog yang akan saya pakai. Masih ingat kan, di entry sebelum-sebelumnya, saya memang bingung mau membuat blog ini jadi blog apa dan berisi apa saja.

Untuk itulah, saya sedikit punya gambaran mengenai beberapa hal yang ingin saya lakukan di 6 bulan pertama di tahu 2019 dalam mengelola blog ini.

1. Menentukan tema dengan matang
Di tahun 2019, hal yang pertama kali saya lakukan adalah harus sudah punya tema yang matang sehingga saya tidak akan bolak balik ganti header blog dan informasi mengenai blog saya. Hihi.

2. Tidak galau lagi mau buat konten apa
Kalau tema sudah saya tentukan, saya tidak akan lagi galau mengenai konten apa saja yang akan saya masukkan ke dalam blog saya. Dengan adanya tema yang sudah saya tentukan tersebut, konten yang saya buat tidak akan keluar dari tema tersebut sehingga pastinya lebih masuk akal lah ya blog saya, hehe.

3. Kembali ke pattern menulis entry setiap seminggu sekali
Karena challenge sudah selesai, saya akan kembali menulis blog setiap seminggu sekali. Sehingga dalam satu bulan minimal ada 4 blog post baru. Mau menargetkan sehari 1 post, namun karena kesibukan saya, saya tidak jamin bisa bertahan hidup, haha.

4. Memperbaiki tampilan blog
Nah karena tema sudah saya tentukan, pastinya ada elemen-elemen blog juga yang harus diubah sesuai tema. Seperti saat saya buat menu bar, ada garis lurus warna putih (mungkin tabel?) yang muncul di atas tulisan menu. Ini harus saya perbaiki. Selain itu ada beberapa elemen lain yang harus diperbaiki agar lebih enak dilihat, hehe.

5. Mengedit entry blog lama
Karena saya merasa gaya menulis saya berubah sejak ikut challenge ini, dan tampaknya yang sekarang lebih baik, saya harus mengedit entry lama yang masih menggunakan gaya penulisan lama agar entry tersebut juga enak dibaca.

Sudah lima target yang saya sebutkan kali ini, meski targetnya untuk 6 bulan, semoga bisa tercapai semua targetnya, baru buat target baru untuk 6 bulan selanjutnya. 

Oh iya, agak sedih juga challengenya segera berakhir, namun berkat challenge ini saya jadi punya beberapa bahan untuk blog saya pasca mengikuti challenge ini. Terima kasih BPN. Semoga tahun depan ada challenge seperti ini lagi ya. hehe.

You May Also Like

2 comments

  1. Kalau saya bukan ganti header tpi sering ganti2 template haha, tampilan blognya sudah cakep koq mba, hayu semangat ngepost!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya barusan ganti template dan tampilan juga mbak, hehe :D Bakal lebih semangat bikin tulisan nih. Mbaknya juga semangat ya, hehe

      Delete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs