Nikmatnya Pecel yang Tak Direncanakan (+ Resep)

by - Thursday, January 24, 2019




Hari Minggu kemarin, kebetulan ibu habis beli bumbu pecel jadi dan beberapa jenis sayuran, di hari sebelumnya ibu membuat rempeyek kacang favorit keluarga. Saya memutuskan untuk membuat pecel saja untuk makan siang, mumpung bahan-bahannya komplit.

Upcoming post : [ RECIPE ] Rempeyek Kacang

Seperti yang sudah kita ketahui, pecel merupakan salah satu masakan hits yang berasal dari daerah Jawa. Beda wilayah biasanya beda juga bumbu dan komposisinya. Secara umum, pecel adalah sayuran (biasanya direbus atau dikukus) yang disiram bumbu kacang, kemudian dimakan bersama nasi bersama lauk seperti rempeyek, tahu goreng, tempe goreng atau mendol.


Kalau mau beli di luar sebenarnya banyak yang jual, murah pula. Di dekat tempat saya bekerja, satu porsi pecel harganya lima ribu rupiah saja, komplit lauknya ada rempeyek, tempe goreng dan dadar jagung, bumbunya juga berlimpah. Tapi buat saya yang bukan penganut aliran masakan manis, bumbunya kemanisan buat saya, jadi cukup sedikit saja bumbunya, hehe.

Nah. Begitu semua sudah siap, mulai dari sayuran, lauk dan segala macam pelengkap, bumbu pecelnya saya seduh dengan air panas. Waktu saya cicipi, ternyata bumbunya pedas sekali dan tidak terasa apa-apa alias hambar. Terasa seperti larutan kacang diberi cabai, huhu. Ibu saya mengusulkan untuk membuat bumbu pecel sendiri kemudian dicampur bumbu pecel yang sudah saya seduh tersebut.

Hasilnya? Sedap sekali. 

Kacangnya banyak, manis asin gurih yang seimbang dan ditambah sedikit rasa pedas dari bumbu pecel jadi yang sudah saya seduh sebelumnya. Kuncinya ada di keseimbangan rasa gula merah, kacang dan sejumput garam yang ibu saya sendiri tidak tahu ukurannya seberapa, pokoknya pakai feeling lah, haha. Biasanya ada yang pakai terasi di bumbu pecel, berhubung saya bukan fans terasi, jadi bumbu pecel ini tanpa terasi. Silakan tambahkan terasi sendiri jika suka.



Pecel

Bahan-bahan :
½ blok bumbu pecel jadi (bisa diskip kalau tidak ada)
1 ikat sawi hijau
½ bagian sawi putih
Taoge secukupnya
Kacang panjang secukupnya
Rempeyek kacang
Mentimun
Lontong atau Nasi
Tempe dan tahu goreng

Bumbu pecel :
Kacang tanah goreng (karena asal tuang dari toples, jadi kacang tanahnya dikira-kira saja ya)
2 blok gula merah ukuran kecil
3 butir bawang putih
3 lembar daun jeruk
1 iris tipis kencur
Garam secukupnya
Air matang secukupnya

Cara membuat :
1. Kukus sayuran yang sudah dipotong-potong dan atau dicuci bersih sesuai dengan kebutuhan. Saya lebih suka tidak terlalu lama mengukus biar masih terasa renyah dan tentu saja vitaminnya tidak luntur, hihi. Sisihkan di wadah tersendiri.
2. Haluskan bumbu pecel, biasanya bumbu pecel di rumah saya tidak terlalu halus jadi masih ada tekstur kacangnya. Tambahkan setengah blok bumbu pecel jadi yang telah dilarutkan dengan air (ini buat saya untuk menambah rasa pedas saja). Tambahkan air matang, dan sesuaikan tingkat kekentalan yang diinginkan.
3. Potong-potong lontong dan mentimun, taruh sayuran di atasnya, siram dengan bumbu pecel. Sajikan dengan mentimun, rempeyek, tempe goreng dan tahu goreng.

Pecel buatan sendiri merupakan salah satu makanan kesukaan saya, karena saya tahu pasti proses memasak sayurannya yang tidak terlalu lama, sehingga tekstur sayurannya masih chrunchy. Selain itu, kebersihan makanan yang dibuat sendiri di rumah juga sudah kita ketahui sendiri, jadi bisa makan dengan tenang, hehe (ini sih saya saja yang yang sering parnoan, haha).

You May Also Like

15 comments

  1. Waaa peceeelll :D alternatif makanan sehat kesukaanku tapi versi lokal nih mbak hihi
    Waktu saya di Jogja gak begitu suka pecel, tapi setelah merantau ke Karawang nyobain pecel Madiun langsung jatuh cinta hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh beda ya pecel Jogja sama pecel Madiun mbak? Kalau yang dari daerah Jawa Timur agak mirip mirip sih rasanya :D

      Delete
  2. Malem-malem baca ini perut saya jadi keroncongan. Pingin makan pecel. Kalo main kesini suka ke inget makan rumah. Huhuhu.. Maklum anak kost mah gak jauh dari emih 😭😭😭 🍜

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya ngekos tuh yang paling bikin kangen salah satunya masakan rumah ya :"

      Delete
  3. Wih cakep banget itu fotonya menggoda selera mba, saya suka banget kalau makanan yg pake bumbu kacang entah itu sate, gado gado, pecel, somai, batagor, kupat tahu, cilok, alamak jadi laper saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh mbak, itu semua makanan kesukaan :" apalagi kalau ditambah sambal, uh mantab

      Delete
  4. Itu bumbunya harus dihaluskan dengan diulek atau bisa diblender? Selama ini saya kalau lagi kepingin makan pecel, selalu beli di luar dan belum pernah bikin sendiri hehehe... Jadi mulai kepikiran untuk bikin sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasanya bikinnya diulek, hehe :D jadi masih agak kasar. Kalau mau yang lembut bisa diblender mbak, hehe

      Delete
  5. Itu gambarnya kok kelihatan enak yah. Aku suka beli pecel, tapi belum pernah bikin sendiri. Resepnya boleh dicoba nih

    ReplyDelete
  6. Itu gambarnya kok kelihatan enak yah. Aku suka beli pecel, tapi belum pernah bikin sendiri. Resepnya boleh dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba mbak buat sendiri, bisa pakai bumbu pecel yang siap pakai juga :D

      Delete
  7. menu murah meriah dan sehat ya, mbak..
    hihihi

    ReplyDelete
  8. Hai... numpang baca2 ya.. siapa tau masih ada sisa pecel nya...,
    Sekalian follow

    ReplyDelete

Please send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs