Mengatasi SIM Card yang Tidak Bisa Digunakan Browsing

by - Wednesday, January 02, 2019




Cobaan saya yang lain dalam mengikuti challenge BPN adalah meskipun SIM Card saya sudah menjadi 4G dan sudah diterima handphone saya, namun masalah lainnya adalah ternyata selain WhatsApp dan Line, seluruh aplikasi dan browser tidak bisa terkoneksi ke internet. Padahal waktu di 3Store sempat masuk beberapa notifikasi dari instagram.


Sedikit cerita, hal ini berakibat pada saya yang berencana naik ojol sepulang dari 3Store harus berjalan jauh menuju angkot, dan ternyata setelah menunggu sekitar 1 jam, angkot tidak ada yang lewat. Huhu. Saya mencoba membuka aplikasi angkutan online yang sudah terinstal namun tetap saja tidak bisa terkoneksi, meskipun di status bar, kecepatan internetnya hampir 1 MB/s. Akhirnya saya jalan kaki dong. Haha.

Sampai di rumah, saya browsing cara mengatasi hal ini. Namun yang saya temukan solusinya hampir serupa semua. Tapi bisa jadi solusi di saat masalah yang dihadapi berbeda :

1. Cek kuota secara detail, siapa tahu ada kuota yang tidak bisa dipakai di jam tertentu
2. Switch ke airplane mode selama beberapa lama, kemudian nyalakan kembali mode normal.
3. Restart perangkat
4. Setting APN (kebanyakan yang ini tidak begitu dijelaskan secara mendetail, karena memang solusinya untuk seluruh operator yang setting APN nya tentu saja beda)
5. Menghubungi CS masing-masing

Semua sudah saya lakukan, termasuk setting APN meski hanya mengganti angka saja, tapi tidak ada perubahan, jadi saya reset kembali setting APN nya ke semula.

Kemudian saya teringat beberapa tahun lalu saat belum ada smartphone, koneksi internet saya sering mati mendadak padahal kuota masih ada, akhirnya saya sering telpon dan dm CS operator yang saya gunakan.

Satu hal yang selalu disarankan oleh CS tersebut adalah setting proxy dalam APN. Nah begitu saya coba, kemudian saya pakai browsing, langsung terkoneksi dengan lancar. Dan notifikasi dari instagram pun bermunculan semua, hihihi. 

Caranya seperti ini :

1. Masuk ke menu setting – Network & Internet


2. Masuk ke menu SIM Cards


3. Pilih Mobile network


4. Pilih Access Point Names


5. Pilih 3GPRS


6. Tampilan Edit access point, pilih menu Proxy 


7. Akan muncul tampilan ini, hapus semuanya (kosongkan) saja, kemudian pilih OK

8. Kemudian Save perubahan yang kita lakukan


9. Akan muncul konfirmasi seperti ini, pilih OK. Kemudian coba untuk browsing. Di kasus saya selama ini, cara ini selalu berhasil, kecuali memang ada maintenance dari pihak operator.


Cara tersebut saya pakai berdasarkan saran dari beberapa CS yang sering saya hubungi di masa lalu. Oh iya, saya pakai operator Tri, jadi kemungkinan setting APN operator lain akan berbeda-beda juga. Jika cara ini tidak berhasil juga, lebih baik segera menghubungi CS atau kantor resmi operator yang digunakan. Semoga membantu.

You May Also Like

8 comments

  1. Thank you kakak.. yang paling sering saya lakukan adalah switch ke flight mode. Hihi.. saya ngasih istilahnya " mancing sinyal "

    ReplyDelete
    Replies
    1. simpel juga caranya mbak, hehe, tergantung hapenya juga ya :"

      Delete
  2. kalau sinyal gak ada biasanya matiin hp terus habis itu kartu di buka terus masukin lagi lgsg jadi, dan jarang sih klo kejadian di aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi di kasus ini, sinyalnya penuh, speednya sampai 1MB/s :" ajaib kan

      Delete
  3. Klo saya seringnya di matikan dulu internetnya, pilih jaringan misal dr 4G ke 3G atau kebalikannya trus restart, udah deh mungkin beda hp beda prlakuan kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin tergantung hp juga mbak, di hp saya yang lama tidak pernah pakai setting begini sudah oke :"

      Delete
  4. Kzl ya kalau lagi perlu tiba-tiba ga bisa pake internetnya. Aku sering kayak begini tapi masih sebatas di matiin paket data, airplane mode, restart, bongkar pasang kartu dan terhubung lagi. Tapi ini akan ku save. Siapa tahu kan suatu saat terjadi. Jadi kutinggal ikuti langkah-langkahnya. Terima kasih sharingnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Ini buat kasus yang kayaknya jarang banget terjadi hehehe :D

      Delete

Please send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs