Hal Positif yang Didapat dari #BPN30DayChallenge2018

by - Thursday, December 20, 2018




Challenge seru dari BPN akhirnya harus berakhir, huhu. Hayo siapa yang sudah lulus challenge ini?  Saya sangat menikmati challenge ini setiap hari. Bahkan saya jadi merasa punya tujuan hidup baru setiap hari (ciye), ada satu tujuan pasti setiap bangun di pagi hari yang harus saya selesaikan dalam waktu kurang dari 24 jam.

Meski di awal saya tidak ada bayangan bakal menulis apa saja untuk ke-tigapuluh tema yang sudah dibagikan 4 hari sebelum challenge dimulai, namun semuanya mengalir begitu saja. Meski untuk 1 tema yaitu tempat makan favorit harus saya ganti dengan tema pengganti karena saat itu bahan saya ada di handphone yang rusak, huhu.


Setelah perjalanan 30 hari ini, saya simpulkan ada beberapa hal positif yang saya dapat dari challenge ini :

1. Mengenali diri sendiri
Saya jadi mengenali apa yang ingin saya ttulis, apa saja yang membuat saya bersemangat saat menulis. Challenge ini sedikit banyak sudah menyadarkan (ciye) saya mengenai hal apa saja yang ingin saya tulis selanjutnya, sehingga saya yang jarang punya rencana ini akhirnya bisa punya banyak rencana untuk mengelola blog ini jadi lebih baik lagi.

2. Ada tujuan menulis setiap hari
Setiap akan tidur dan bangun pagi, saya jadi selalu ada target akan menulis apa esok hari, atau akan mengepos entry apa hari ini. Karena ada target seperti ini saya jadi merasa lebih bersemangat dari hari-hari sebelumnya yang cuma mengepos seminggu sekali dengan tema yang kadang saya bingung sendiri pakai apa.

3. Belajar lebih banyak
Karena harus menulis setiap hari, saya jadi belajar setiap hari dong, mau tidak mau. Ada tema tertentu yang memang seperti bikin skripsi, harus cari bahan dulu. Seperti tempat wisata impian, saya belum pernah ke sana, otomatis harus cari infonya dulu sebelum menulis, biar tidak kasih info.

4. Kenal lebih banyak blogger
Lewat challenge ini saya jadi kenal lebih banyak blogger, dari berbagai kota di Indonesia. Baik di instagram maupun kolom komentar, saya bisa mengenali banyak keunikan blogger dalam menyajikan informasi lewat tulisan dan gambar.

5. Dapat beberapa bahan untuk blog post selanjutnya
Belum setengah perjalanan, saya sudah dihadapkan beberapa kesulitan dalam mengikuti challenge ini. Namun, akhirnya saya berhasil menakhlukkannya, hahaha. Dari kesulitan inilah saya belajar hal baru yang bisa saya bagikan lewat blog saya nanti.


Awalnya saya tidak yakin bisa mengikutinya sampai akhir, soalnya dulu ikut challenge singkat di twitter saja sering kelupaan. Hihi. Ternyata saya bisa. Dan challenge ini bikin ketagihan. Saya harap BPN terus mengadakan challenge seperti ini, hehe.



Title picture edited by Lailin Star
Background photo by Kaboompics.com

You May Also Like

12 comments

  1. Waaahhh saya juuga mau nulis tentang manfaat setelah ikutan challenge nih mbak :D cuma baru niat aja heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak buat tulisan juga tentang challenge ini :D itung itung nambah postingan bulan ini, hehe

      Delete
    2. Iyaa nih mbak, masih dalam bentuk draft tulisannya heheh
      biasalah suka kumat penyakit malesnya huhuh

      Delete
    3. penyakit males dan mager tuh sering kumat, apalagi kalau musim hujan gini, dingin hehe

      Delete
  2. Tambah satu hal, Mbak. Memaksa kita lebih kreatif karena harus menulis hal-hal yang sebelumnya tidak pernah ditulis atau bahkan terpikirkan. Itu buat saya lho, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya bener mbak, karena 'dipaksa' oleh tema itulah jadi bisa buat tulisan tiap hari ya :D

      Delete
  3. Waaah kereen jadi lebih baik yaa intinya, emang oke banget sih challenge ini tuh, dan ngga sesulit yang dibayangin

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, kalau dijalani ternyata seru juga, sempet deg degan juga bakal selesai apa enggak, hehe :D

      Delete
  4. Menggunakan prompt list tuh emang enaknya otak kita jadi terangsang untuk membuat postingan sesuai tema yang ditentukan. Tekniknya bisa digunakan lebih lanjut nie. Hehe.. saya sebelum udah pale teknik ini, walaupn gak full 30 hari. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren mbak, saya baru ini ikut challenge yang begini. Tapi jadi bikin ketagihan, hihihi

      Delete
  5. makasih ya kak, dapat ide nulis pagi-pagi gini.

    ReplyDelete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs