Kembali Menulis Blog? Buat Apa?

by - Tuesday, November 20, 2018

blog challenge day 1 : alasan menulis blog


Kalau ditanya kenapa saya memilih untuk kembali menulis blog, jawabannya ada pada postingan pertama saya di blog ini. Tentunya jawaban tersebut sudah berbeda jauh jika dibandingkan dengan alasan-alasan saya menulis blog dari waktu ke waktu sebelum ini.

Saya tertarik di dunia blogging sejak duduk di bangku SMP. Waktu itu, guru TIK saya memberi tugas membuat blog yang isinya tugas-tugas TIK di platform blogger. Saat itu, saya yang baru mengenal IT langsung suka dengan tugas blogging ini, karena sejak awal saya memang suka menulis. Karena saat SMP saya baru mengenal IT, maka tampilan blog saya masih default, bisa publish post saja sudah sangat senang, saya mengisi blog dengan tugas-tugas sesuai instruksi guru saya.

Setelah lulus SMP, saya kembali membuat akun blogger baru, kali ini untuk tugas bahasa Indonesia. Saya mulai bisa menambah berbagai macam widget, background berwarna warni ngejreng dan mengubah warna teks sesuai keinginan. Blog saya kali ini saya buat selain untuk mengerjakan tugas Bahasa Indonesia, juga untuk menulis puisi (karena waktu itu saya sedang suka sekali membuat puisi).

Saat masuk kuliah, saya memutuskan untuk membuat blog di ameblo karena mbak-mbak idola saya blognya di ameblo, karena saya ingin memberikan like dan komentar di  blog postnya.  Dengan kemampuan bahasa Jepang yang minim, saya berhasil membuat blog di ameblo dengan template free yang disediakan, cukup banyak dan unyu-unyu juga waktu itu. Ameblo saya isinya tentu saja curhatan, dan kadang kadang foto pribadi. Selain ameblo, saya juga membuat akun livejournal. Akun livejournal saya buat untuk mengarsipkan lirik lagu bahasa Jepang yang sudah berhasil saya buat versi romajinya, dan beberapa cerita fiksi buatan saya. Sekalian juga saya buat blog lagi di platform blogger, yang kali ini saya perhitungkan jumlah widget dan kesesuaian warnanya, karena saya pikir pasti pengunjung bakal lelah menunggu loading page blog kita gara gara kebanyakan widget atau pengunjung kebingunan membaca blog saya karena warnanya (padahal siapa sih yang bakal mengunjungi blog saya, hehe). Blog saya kali ini isinya (masih) curhatan dan juga banyak translate dari artikel bahasa Inggris untuk latihan saya. Waktu itu saya rajin sekali menulis blog, karena selain sarana seperti laptop dan koneksi internet sudah ada, saya selalu menyempatkan diri setelah mengerjakan tugas kuliah untuk menulis blog. Namun, menginjak semester akhir, ada masa magang juga, saya semakin sibuk dan lagi-lagi blog-blog ini saya tinggalkan karena kesibukan. Hingga saya lulus kuliah, saya tidak menyentuh blog sama sekali.

Nah, di awal tahun ini, saya merasa rindu menulis blog lagi. Kali ini saya iseng pakai platform wordpress. Saya lebih banyak menulis review beauty product di blog tersebut, karena memang sejak masuk kerja saya mulai bisa menabung untuk membeli produk-produk yang selama ini saya belinya nebeng atau hanya berakhir pada status wishlist saja, hehe. Namun, entah kenapa sejak saat itu saya sering sakit. Sebentar sembuh kemudian sakit lagi. Hingga saya harus fokus untuk proses penyembuhan saya dan meninggalkan blog saya untuk beberapa saat.

Kemudian datanglah kabar kembira untuk kita semua, aktor favorit saya dapat drama baru di netflix. Hore. Akhirnya saya langganan netflix lagi untuk menonton drama tersebut. Setelah menonton dramanya, saya iseng ingin mengetahui komentar orang lain setelah menonton drama tersebut, saya mulai baca-baca lewat twitter hingga blog movie reviewer. Saat itu, di pikiran saya terlintas “Bagaimana jika ada orang lain yang masih galau ingin menonton drama ini atau tidak?” “Bagaimana jika ada orang yang setelah menonton drama ini kemudian ingin membeli soundtrack-nya?”. Dari situlah saya tergerak untuk menulis blog lagi, dengan tujuan agar hal-hal yang saya sukai ini tidak berhenti pada rasa ‘suka’ atau ‘kagum’ saja, namun bisa membantu orang lain. Saya putuskan untuk kembali membuat akun blogger lagi. Akhirnya post pertama saya (setelah introduction) adalah sebuah review drama favorit saya.


Buat saya menulis blog adalah untuk bersenang-senang dengan membagikan hal-hal yang saya sukai. Rasanya sangat menyenangkan saat bisa menulis hal-hal yang saya sukai, kapanpun dimanapun, tanpa dikejar revisi dari klien ataupun deadline dari bos, hihi.

How about you? Feel free to leave some comments below.

Oh iya, Blogger Perempuan Network sedang mengadakan BPN 30 Day Blog Challenge dimulai hari ini hingga 20 Desember mendatang, ada hadiah bagi blogger yang bisa menyelesaikan tantangan ini sesuai petunjuk, lho. Sudah ikutan belum? Untuk info selengkapnya, bisa baca di sini.


#bloggerperempuan  #BPN30dayChallenge2018

You May Also Like

2 comments

  1. Kalo langganan netflix di smartphone perlu punya alat lain ya mba? #kudet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Leni, terimakasih sudah mampir. Di smartphone tinggal instal aplikasi Netflix saja kok. Cuma, kita tidak bisa akses Netflix pakai operator telkomsel ��

      Delete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs