4 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Selamat

by - Saturday, November 24, 2018


tips aman menggunakan media sosial


Baru minggu lalu saya menonton episode 5 Legal V, sebuah drama yang sedang tayang di TV Asahi yang dibintangi oleh aktris legendaris Yonekura Ryoko. Sesuai judulnya ini drama tentang lawyer dan segala hal di balik salah satu pekerjaan yang paling dekat dengan hukum ini. Di episode 5 ini saya mendapatkan pesan bahwa apapun yang kita tuliskan melalui media sosial bisa saja membunuh orang lain, dan tentunya hal ini bukanlah perkara sederhana. Di akhir episode ini, seluruh pelaku ‘cyber bullying’ diharuskan membayar denda sebesar 300.000 yen. Meskipun sebagian besar dari mereka mengaku hanya iseng atau sekedar menumpahkan isi hati, namun menghakimi orang lain beserta keluarganya tanpa bukti sudah bukan lagi hal yang dianggap iseng, apalagi kalau sudah menyebabkan kematian.

Nah apakah kita sudah menggunakan media sosial kita dengan bijak? Untuk menghindari hal-hal seperti tersebut di atas, ada baiknya kita mengetahui 4 hal ini sebelum menggunakan media sosial kita,

1. Pahami UU ITE
Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU No. 11 Tahun 2008 (diperbarui dalam UU No. 19 Tahun 2016) merupakan undang-undang yang wajib kita ketahui sebagai pengguna media elektronik terutama media sosial. Apa saja yang dibahas dalam UU ini? Contohnya, penggunaan data pribadi seseorang (Pasal 26), penyebaran konten yang melanggar kesusilaan (Pasal 27), penghinaan dan pencemaran nama baik (Pasal 27), pemerasan atau pengancaman (Pasal 27), menyebarkan berita bohong, kebencian atau permusuhan (Pasal 28), hukuman atas pelanggaran yang dilakukan (mulai Pasal 45). Lebih lengkapnya bisa diakses di link di bawah ini :

Tidak perlu menghafal semua isinya, yang penting paham hal apa saja yang diatur dalam Undang-Undang tersebut. Jangan sampai karena terlalu asyik ‘menumpahkan isi pikiran’ di akun media sosial kita tiba-tiba suatu hari nanti ada surat panggilan dari pengadilan karena ada orang yang menuntut kita atas tulisan yang telah kita publikasikan.

2. Pahami Kebijakan dan Fitur Media Sosial
Sebagai pengguna media sosial, ada baiknya kita mengetahui segala fitur yang disediakan media sosial yang kita gunakan, seperti fitur privacy, kebijakan yang mengatur jual-beli melalui akun media sosial, maupun fitur lain yang berkaitan dengan penyebarluasan informasi. Jika kita sampai salah menggunakan media sosial karena kurangnya pengetahuan mengenai media sosial yang kita gunakan, hal-hal seperti pemblokiran akun, atau informasi pribadi kita tiba-tiba tersebar begitu saja, bisa terjadi pada akun kita.

3. Gunakan Seperlunya
Tidak semua hal perlu kita bagikan di media sosial, terutama informasi pribadi. Sangat berbahaya jika anggota jaringan kejahatan yang besar misalnya menjadi salah satu follower kita kemudian dengan mudahnya mendapatkan informasi dimana kita tinggal, dimana adik kita bersekolah, atau orang tua kita bekerja. Mengunggah foto seperti tiket yang mengandung nomor khusus atau barcode, foto KTP atau dokumen pribadi lainnya juga sama berbahayanya. Informasi pribadi kita bisa dengan mudah digunakan orang yang tidak bertanggungjawab untuk tindakan melanggar hukum atas nama kita.

4. Maksimalkan Kelebihannya
Pahami masing-masing fitur terbaik dari media sosial yang kita gunakan dan memaksimalkan penggunaannya, misalnya ada media sosial yang sangat cocok untuk berjualan, media sosial yang lain cocok untuk berbagi pesan panjang tanpa batasan karakter, sedangkan media sosial lainnya digunakan untuk mencari hal yang sedang trend saat ini. Atau mungkin kita ingin ada satu akun media sosial yang khusus untuk berinteraksi dengan kawan-kawan lama, dan satu akun lagi untuk berjualan, hal ini tergantung kebutuhan dan tentunya kembali ke pribadi masing-masing. Karena setiap media sosial memiliki kekurangan dan kelebihannya. Tinggal kita yang pintar-pintar memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Nah apakah sudah pernah ada yang melakukan salah satu tips di atas? Atau mungkin ada tips lainnya? Mari berbagi di kolom komentar.


Title picture edited by Lailin Star
Background photo by : Nordwood Themes

You May Also Like

0 comments

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs