Food, Music and Drama : Ketika Bingung Memilih Tema Blog Favorit

by - Wednesday, November 21, 2018

memilih tema blog



Suka baca blog dengan tema yang fokus atau tema campur campur?

Tergantung informasi apa yang saya butuhkan. Saat saya mencari review sebuah produk yang ingin saya beli, asalkan informasi yang disediakan oleh sebuah blog sudah lengkap dan bahasanya mudah dipahami, apapun tema blognya saya suka. Tapi kalau saya ingin mendapatkan informasi mengenai satu kebudayaan negara tertentu, maka saya lebih memilih satu blog yang memang dibuat oleh warga negara asli negara tersebut atau memang sebuah blog yang khusus membahas budaya dari negara tersebut, biar lebih yakin kalau di negara tersebut memang kebudayaan seperti itu. Meskipun biasanya satu nama yang sama dari satu rumah dengan rumah lain pastinya berbeda-beda juga. Seperti yang saya temui waktu browsing resep parapara chahan alias nasi goreng ala Jepang, begitu banyak resep yang saya temukan baik bahasa Inggris maupun Jepang, namun akhirnya saya menemukan 2 perbedaan yang besar dalam proses memasaknya. Dalam proses pencarian ini, penulis blog dan tema blog inilah yang menjadi patokan saya.


Berkaca dari kebiasaan saya saat membaca blog orang lain, untuk blog saya sendiri, saya jadi bingung mau dibuat tema seperti apa. Tema biasanya adalah yang berasal dari hal-hal yang kita sukai. Kebingungan datang ketika kita menyukai beberapa hal sekaligus, seperti yang terjadi pada saya. Oleh karena itu, saya putuskan untuk membuat blog yang isinya makanan, musik dan drama. Ketiga hal tersebut adalah tiga hal yang paling saya sukai saat ini untuk mengistirahatkan diri dari kesibukan pekerjaan. Menonton drama (khususnya drama Jepang), atau mendengarkan musik sambil nyemil, atau mencoba resep masakan yang saya suka. Itu kegiatan saya banget. Meskipun jadi agak maksa juga tema blognya, he he.

Maka dari itu saya selalu kagum pada blogger yang konsisten membuat postingan blog setiap hari dengan satu tema yang fokus misalnya travelling, beauty, parenting dan lain sebagainya. Itu hal yang sulit sekali buat saya yang susah fokus dan tidak rutin menulis blog setiap hari. Namun, sejak saya membuat blog ini, saya putuskan untuk membuat paling sedikit 1 postingan setiap minggu, dengan foto / ilustrasi yang sebisa mungkin saya ambil sendiri gambarnya, atau saya edit dari free photos yang disediakan website tertentu, yang kontennya masih seputar 3 hal favorit saya tersebut. Sehingga dalam 1 bulan setidaknya ada 4 blog post. Ini cukup challenging buat saya yang moodnya naik turun dan juga kadang kehilangan kata-kata untuk dituangkan dalam blog.

Dengan menentukan 3 tema dari hal-hal yang saya sukai ini (makanan, musik, drama), saya harap saya bisa mulai sedikit demi sedikit lebih fokus mengelola blog ini dan lebih konsisten lagi membuat blog post secara rutin, hingga ke depannya, saya bisa terus konsisten mengelola blog ini sesuai tema yang sudah saya pilih dan membagikan lebih banyak hal yang saya sukai setiap hari.

You May Also Like

2 comments

  1. Hai mbak, salam kenal...biasanya pake software apakah untuk edit foto?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak, salam kenal juga. Untuk edit foto di hp saya pakai Snapseed dan Adobe Spark Post :D kalau di komputer pakai Adobe Photoshop. Terima kasih sudah mampir

      Delete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs