Mengenal Macam-Macam Ramen Bersama Koizumi

by - Thursday, February 21, 2019



 


Ramen merupakan hidangan khas Jepang yang berupa mie berkuah kaya rasa dilengkapi dengan berbagai topping. Seperti yang sudah diketahui, ramen sudah mendunia dan banyak sekali varian ramen dari negara lain yang sudah disesuaikan dengan bahan-bahan dan cita rasa favorit negara tersebut. 

Namun, sebenarnya di Jepang sendiri, ramen juga sangat beragam, ribuan kedai ramen berdiri di penjuru Jepang dengan menyajikan beragam ramen yang berbeda antara satu sama lainnya. Bahkan ada yang rela mengantri hingga berjam-jam demi untuk menikmati semangkuk ramen favorit mereka.

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak tempat makan yang menyajikan ramen dalam menunya, terutama tempat makan bertema Asia Timur dan Jepang. Bahkan sudah ada ramen instan yang biasa ditemui di swalayan terdekat dengan harga terjangkau. 

Tapi kadang penasaran bagaimana wujud ramen sebenarnya yang ada di Jepang. Nah, jika ingin mengetahui bagaimana dan apakah sama dengan ramen-ramen yang beredar di Indonesia, kita tak perlu jauh-jauh ke Jepang (walau sebenarnya saya pengen juga sih ke Jepang untuk melihat langsung, haha), karena berbagai acara televisi Jepang hingga drama cukup banyak yang membahas mengenai ramen. Salah satunya adalah drama berjudul Ramen Daisuki Koizumi-san (Ms. Koizumi who Loves Ramen) yang dibintangi Hayami Akari. Drama ini seperti judulnya hanya membahas mengenai ramen.


photo by : cinematoday


Cast :
Hayami Akari          : Koizumi
Miyama Karen          : Osawa Yu
Furuhata Seika         : Nakamura Misa

Original manga       : Narumi Naru
Network                 : Fuji TV
Episodes                : 4
Airing dates            : June 27 – July 18, 2015
Average Rating       : 5.43%
Theme Song            : Ramen Daisuki Koizumi-san no Uta (by Kobushi Factory)

Sinopsis :
Koizumi adalah seorang murid pindahan yang wajahnya cantik, namun pendiam dan misterius. Hal ini memancing rasa penasaran Yu, teman sekelasnya. Ternyata Koizumi adalah pecinta ramen yang rela pergi kemanapun untuk menikmati ramen favoritnya. Ramen juga lah yang bisa membuat wajah galak Koizumi langsung sumringah setelah menyantapnya.

Drama ini merupakan karya fiksi yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Narumi Naru, namun ternyata ramen dan kedai ramen yang digunakan untuk drama ini benar-benar ada di Jepang, sehingga kita bisa melihat langsung berbagai macam ramen unik yang disajikan di keempat episodenya  sehingga drama ini sukses membuat saya lapar.  

Tokoh utamanya, Koizumi diperankan oleh Hayami Akari. Iya, Hayami Akari aktris cantik yang tahun lalu mengumumkan pernikahannya, dan langsung trending di Jepang. Melihat adegan Hayami Akari saat memakan ramen selalu membuat saya lapar. Pengambilan gambarnya tergolong oke (meskipun termasuk drama tengah malam dan ditayangkan 4 tahun lalu), terutama dalam menampilkan kelezatan semangkuk ramen yang tidak pernah gagal membuat perut saya keroncongan. Haha.

Drama ini sendiri sudah ditayangkan 4 tahun lalu di Jepang, tengah malam pula, bahaya banget drama ini buat yang gampang lapar, bisa khilaf makan ramen di malam hari, haha.

Selain membuat lapar, tingkah unik para tokohnya juga menghibur sekali. Gayanya juga manga sekali, sehingga tak jarang efek berkilauan dan ekspresi yang heboh ditampilkan juga di drama ini.

photo by Fuji TV

Theme songnya adalah salah satu dari lagu debut grup di bawah naungan Hello! Poject, bernama Kobushi Factory. Ramen Daisuki Koizumi-san no Uta merupakan remake dari lagu Ramen Daisuki Koike-san no Uta milik grup band Sharan-Q (grupnya pakde Tsunku, yang merupakan pendiri Hello! Project). Keren ya baru debut, lagunya sudah dipakai theme song drama, hihi. Lagunya biasa muncul waktu Koizumi hendak menyantap ramennya.

Meski hanya 4 episode, namun bagi saya sudah cukup memberikan gambaran ramen-ramen yang ada di Jepang, dilengkapi dengan sejarah maupun gambaran umum cara membuatnya. Bahkan ada 3 orang bapak penggemar ramen yang selalu muncul di beberapa kedai ramen yang dikunjungi Koizumi, yang sudah seperti fans hardcore dari ramen, yang tentu saja topik pembicaraan mereka tentang ramen sangat nyambung dengan Koizumi. Haha.

Koizumi yang selalu diam dan memasang muka galak di kesehariannya, hanya bisa tersenyum setelah makan ramen maupun saat berbicara mengenai ramen. Bisa dibilang Koizumi adalah otaku ramen.

photo by : ramendaisuki_cx

Efek setelah menonton drama ini buat saya adalah yang paling utama saya jadi lapar dan segera membuat ramen instan favorit saya, selain itu karena baru tahun ini saya menonton drama ini, begitu mendengar theme song drama ini saya jadi teringat awal debut Kobushi Factory dan teringat kalau tahun ini grup ini bakal anniversary yang keempat. Yay. Dan tentunya manfaat utama dari drama ini adalah mengenal beberapa varian ramen (dari sekian banyak) yang benar-benar ada di Jepang, bagaimana kebiasaan memakan ramen dan gambaran umum proses pembuatan ramen sehingga tercipta ramen yang unik berbeda satu sama lainnya.

Jadi kalau ingin melihat bagaimana wujud ramen asli Jepang tanpa harus pegi kemana-mana, bisa dengan menonton drama ini. Saran saya, segera sediakan ramen instan sebelum menonton drama ini, siapa tahu setelahnya bakal jadi ngidam ramen. Selamat menonton.


Where to watch : Viu


Theme song information :
Ramen Daisuki Koizumi-san no Uta (by Kobushi Factory)

You May Also Like

12 comments

  1. Saya ma suami suka nonton seri ini, ceweknya makan mie ramen bener2 bikin ngiler, cara nyeruputnya itu yang gak nahan, org jepang memang kayak gitu ya makannya hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih sudah nonton juga mbak. Saya juga ngiler nonton tokoh utamanya makan ramen. Rata rata sih begitu nyeruput kuah ramennya, terlihat seger manteb, hihi :D

      Delete
    2. Sudah tapi nontonnya waktu itu di chanel waku waku mba

      Delete
    3. saya baru tau di waku waku juga ada mbak :"

      Delete
  2. haduh,
    saya paling nggak kuat kalo nonton orang bersama semangkok mie.
    soalnya jadi auto pengen langsung ngacir ke dapur masak mie juga. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, paling enak langsung bikin mi instan favorit hehe

      Delete
  3. Eh.. Di Viu ada ? Hihi.. jadi pingin nonton ih. Makasih reviewnya kakaaak.. hahhaa.. jadi pingin nonton saya. 🍜🍜🍜🍜🍜🍜

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mbak, langsung nonton di viu deh biar ga penasaran :D

      Delete
  4. Yampuuunnnnn!!! Dulu pernah gak sengaja nonton drama ini di Indovison... dikirain acara documentary gitu abis cuma 4 eps doang xD

    Aseli abis nonton acara ini beneran kepengan makan ramen... karena jauh akhirnya cuma terlampiaskan lewat Indomie kuah mbak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah iya sama mbak, kadang kalau adanya indomie kuah, saya bikin itu. Ini drama cuma 4 episode, tapi bikin lapar ya :D

      Delete
  5. Lha, ada di VIU? Baiklah ku akan menontonnya. Hayami Akari mukanya jutek pun tetep menarik :D bening pulaa

    Belum nonton aja ku sudah lapar duluan ini jam segini hehehe
    *efek liat foto mangkuk ramen

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak bikin lapar, meski cuma 4 episode. Hayami akari bening sekali mbak :D

      Delete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs