SMILE! Berbagi Kebahagiaan Lewat Senyuman Yuk!

by - Friday, October 05, 2018





Setiap hari Jum’at minggu pertama bulan Oktober, seluruh dunia merayakan World Smile Day, yang sudah dilangsungkan sejak tahun 1999. Maka, tidak ada salahnya bagi kita yang terkadang lupa untuk tersenyum, meluangkan sehari saja dalam setahun untuk tersenyum dan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitar kita. Saya membuat postingan ini untuk terutama mengingatkan diri saya sendiri akan pentingnya tersenyum dalam keseharian saya.

“Aku  percaya kebahagiaan ada pada orang-orang yang selalu tersenyum”  

Ya benar, kebahagiaan yang berada paling dekat dengan diri kita ada senyuman kita sendiri. Mungkin ada yang berpikir ‘Bukankah kita tersenyum karena ada sesuatu yang membuat bahagia?’. Itu tidak salah. Namun, senyuman itu sendiri adalah sumber kebahagiaan. Bagaimana bisa?

Menurut Dr. Isha Gupta, seorang neurologist dari IGEA Brain and Spine, senyuman memicu reaksi kimia dalam otak, yang menyebabkan terlepasnya hormon dopamine dan serotonin. Hormon dopamine meningkatkan perasaan bahagia, sedangkan serotonin adalah hormon yang berkaitan dengan penurunan stress. Kadar serotonin dan dopamine yang rendah bisa berkaitan dengan depresi, sedangkan peningkatan kadar keduanya mampu memperbaiki mood, semangat dan menenangkan sistem syaraf. Ketiga hal ini tentunya akan mempengaruhi perasaan bahagia pada diri kita.

Senyuman juga memicu otak untuk melepaskan neuropeptides, yang merupakan protein yang mengatur semua proses sel dan cara sel berkomunikasi satu sama lain. Neuropeptides mempengaruhi kerja otak, tubuh dan segala aktivitas secara garis besar mulai dari mengurangi rasa sakit, penyerapan makanan, metabolisme, reproduksi, proses pembelajaran dan proses mengingat. Sehingga dengan sebuah senyuman, selain kita bisa merasa bahagia, juga kerja sel dalam tubuh kita bisa terbantu untuk berjalan dengan seharusnya.

Saat kau tersenyum, aku juga ingin tersenyum

Dengan kemampuan unik dari tubuh manusia, segala kebaikan yang didapatkan dari sebuah senyuman mampu menular dari satu orang ke orang lainnya. Hal ini dikarenakan manusia memiliki mirror neuron yang bereaksi ketika melihat sebuah aksi. Seperti namanya, mirror neuron memungkinkan kita untuk meniru aktivitas yang kita perhatikan, neuron ini dikaitkan dengan kapasitas manusia untuk berempati, baik saat melihat senyuman atau ekspresi wajah lainnya. Hal inilah yang memicu kita untuk ikut tersenyum saat melihat orang lain tersenyum.

Selain itu, kita mampu merespon sebuah senyuman karena kita merasa dicintai atau dihargai dan juga karena merasakan atmosfer positif dari senyuman tersebut. Kita akan merasa telah melakukan sesuatu yang baik sehingga seseorang memberikan senyuman kepada kita, sehingga hal ini membuat kita bahagia dan memicu kita untuk tersenyum juga. Begitu pula dengan orang lain, maka jangan ragu untuk sekedar memberikan senyuman pada orang-orang di sekitar kita.

Senyuman memberikan pesan perdamaian dan kehangatan pada semua orang yang melihatnya. Bahkan orang lain yang tidak diberi senyuman, namun melihat senyuman satu orang pada orang lainnya pun bisa merasakan pesan positif tersebut.  Pernah menonton film atau drama yang hangat dimana tokoh-tokohnya saling tersenyum satu sama lain? Secara tidak sadar, kita mungkin tersenyum saat menonton adegan tersebut. Saat itulah mirror neuron kita bekerja. Dengan adanya kemampuan unik manusia ini, mari kita bagikan lebih banyak kebahagiaan pada orang-orang di sekitar kita, hanya melalui sebuah senyuman ramah.  

Senyuman adalah satu-satunya bahasa universal yang bisa dipahami oleh semua orang dari segala kalangan dan usia di seluruh dunia. Beberapa hewan (seperti anjing dan kambing, pada beberapa penelitian) pun lebih menyukai berada di dekat manusia yang tersenyum. Maka, melalui World Smile Day ini, kita mendapat kesempatan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dengan tersenyum untuk diri sendiri dan membagikannya kepada orang lain. Tidak ada ruginya membagikan kebahagiaan dan cinta untuk sesama manusia dan makhluk hidup lain, malah kita mendapatkan banyak manfaat darinya. Jadi, tak usah berpikir panjang lagi, mari tersenyum, setidaknya sekali setahun.





*) Quotes from : Fukuwarai by Takahashi Yu 
**) Title image edited by me, photo by Thomas Young

You May Also Like

2 comments

  1. Infonya menarik poll... thanks gais. untuk sharingnya :D

    ===
    Ads:
    =========
    Termudah.com ada cara apapun yang sangat mudah

    ReplyDelete
  2. senyuuummm lah untuk semua orang, tapi jatimu jangan

    ReplyDelete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs