[ PLAYLIST ] Songs of the Month #9

by - Wednesday, May 01, 2019




Bulan Mei! Itu artinya kita sekarang sudah masuk era baru yaitu era Reiwa. Pergantian era ini ditandai dengan naiknya tahta pangeran Naruhito menggantikan kaisar Akihito yang sudah bertahta selama 30 tahun, dimana era ini disebut era Heisei (kenal dengan boy group Hey! Say! JUMP? Nama mereka diambil dari era dimana mereka debut, yang awalnya waktu saya dengar nama mereka di radio, saya kira nama mereka benar-benar Heisei JUMP). Jadi, Songs of the Month kali ini adalah edisi terakhir untuk era Heisei.

Salah satu lagu yang masuk dalam rank kali ini merupakan lagu yang menjadi inspirasi tema jurnal saya bulan April, lagu ini pun menjadi single yang memuncaki rank oricon dan Billboard Japan di akhir era Heisei. Yang menarik untuk chart Oricon di akhir Era Heisei, baik untuk kategori single dan album, keduanya diisi oleh grup Johnny’s yaitu Kis-my-ft2 dengan album baru mereka FREE HUGS dan Johnny’s WEST dengan single baru mereka Ame Nochi Hare.

Selain itu, di bulan terakhir di era Heisei ini saya malah sibuk, haha, tapi untunglah kedua blog saya tidak terbengkalai, meski blog ini masih harus saya tambah terus isinya.
Baiklah kira-kira lagu-lagu apa saja yang masuk rank Songs of the Month untuk akhir era Heisei? Check this out!



1. Johnny’s WEST – Ame Nochi Hare
Single yang menjadi theme song drama terbaru NTV yaitu Hakui no Senshi atau Nurse In Action dimana salah satu member Johnny’s WEST yaitu Kotaki Nozomu berperan menjadi salah satu perawat di dalamnya. Single ini dirilis sehari setelah anniversary ke-5 grup yang debut pada 2014 silam. Lagunya sendiri memberikan pesan positif untuk pendengarnya dalam kehidupan sehari-hari, dimana salah satu liriknya berarti “Tidak apa-apa, kamu bisa mengulang berapa kalipun. Hari esokmu pasti akan datang”
Where to get the song :

Baca juga : NTV On Going Drama : Hakui no Senshi / Nurse In Action

2. Johnny’s WEST – Anjoyarina
Salah satu coupling song dari single yang sama, yang kali ini terdengar seperti lagu band, dan ada sedikit anisong vibe di beberapa line. Pertama kali saya mendengar lagu ini di siaran radio mereka, langsung terbayang ketujuh member Johnny’s WEST dalam formasi band. Semoga ada kesempatan mereka bermain alat musik bertujuh di konser mereka selanjutnya ya. Hihi.
Where to get the song :

3. Angerme – Koi wa Accha Accha
Single terbaru Angerme yang bertema India, dan kali ini mereka merilis banyak versi dari video ini di channel Youtube mereka, diantaranya versi taman, versi restoran India, dan lain sebagainya. Koi wa Accha Accha merupakan single terakhir leader Wada Ayaka yang akan lulus pada tahun ini.
Where to get the song :

4. Aimyon – Haru no Hi
Single yang dirilis untuk theme song Crayon Shinchan Movie ini langsung jadi favorit saya saat Aimyon merilis very short music video di channel Youtubenya. Lagu yang menurut saya terasa Aimyon banget ini tidak saya kira bakal jadi theme song Shinchan. Saat ini music videonya sendiri sudah mencapai  6.5 juta views lho.
Where to get the song :

5. Sarah Alainn – Beyond the Sky
Lagu yang cukup lama dari penyanyi dengan angelic voice, Sarah Alainn. Pertama kali saya mengetahui lagu ini waktu saya kuliah sekitar 8 tahun lalu, lagunya merupakan theme song game kalau tidak salah, yang  dirilis dalam bahasa Jepang dan Bahasa Inggris. Yang saya dengarkan kali ini adalah versi Bahasa Inggris, yang juga langsung jadi favorit saya waktu itu, dan langsung saya pakai jadi nama blog saya waktu kuliah, saking sukanya dengan lagu ini.
Where to get the song :

6. Secret Garden – Fairytale
Jika kelima track yang lain merupakan lagu dengan vokal, maka kali ini adalah instrumental saja, yaitu dari duo Irish-Norwegian, Secret Garden. Yang saya suka dari instrumental dari Secret Garden adalah bisa bercerita seperti track untuk dongeng atau film seperti Narnia, punya kesan yang penuh keajaiban dan fantasi. Salah satunya yang berjudul Fairytale yang muncul di album Once in A Red Moon yang menurut saya terasa seperti membawa saya dari hutan lebat ke padang rumput luas yang berwarna hijau segar.
Where to get the song :

7. back number – Daiji na Koto
Satu coupling song dari single lama back number berjudul Hanataba yang masih menjadi favorit saya yaitu Daiji na Koto, atau yang artinya Hal yang Berharga. Saat pertama saya menyetel lagu di ini kamar, adik saya mengira saya sedang mendengarkan lagu dari salah satu band lokal karena mungkin melodi dari lagu ini yang menurut saya langsung nyantol di telinga pendengarnya.
Where to get the song :

Albums / Singles of the Month


Artists of the Month


Songs of the Month merupakan daftar lagu-lagu favorit saya, yang tentu saja tidak bisa jadi patokan selagu mana saja yang hits di Jepang, Sehingga tidak bisa dibandingkan dengan Oricon chart atau Billboard yang cakupannya lebih luas dan benar-benar menghitung hasil penjualan baik fisik maupun digital. Sebagai tambahan, Songs of the Month merupakan sarana saya membagikan lagu-lagu terfavorit saya dalam sebulan.

Itu tadi ketujuh lagu terfavorit saya bulan April. Meski saya mengira bulan ini bakal sudah masuk musim kemarau yang bakal panas sekali karena beberapa hari disini dilanda panas yang sangat panas menurut saya, ternyata kemudian turun hujan lebat selama 2 hari. Haha. Dan sampai hari ini suhunya masih normal. Meski lirik Ame Nochi Hare berkata “Setelah hujan pasti ada sinar matahari”, buat saya tidak apa-apa hujan terus jika langit masih ingin hujan, hihi.

Baiklah sekian episode terakhir era Heisei dari Songs of the Month kali ini. Sampai jumpa lagi di edisi kesepuluh yang menjadi edisi pertama di era Reiwa!

You May Also Like

2 comments

  1. I did'nt hear this Singer😊 thanks for your sharing 😊

    ReplyDelete
  2. Salam kunjungan dan follow disini ya :)

    ReplyDelete

Comment moderation is on. Send your comments using Google account or blog URL, so that I can visit your blog next time :) Thank you

This Blog is protected by DMCA.com
DMCA.com for Blogger blogs